Liga Arab Mendukung Pejuang Suriah Dan Persilahkan Negara Anggota Membantu

Para pemimpin dalam pertemuan Liga Arab di Doha mengutuk keras tindakan brutal rezim Suriah Bashar Assad terhadap rakyatnya. Mereka mendesak kepada negara anggota untuk menyalurkan bantuan bagi para pengungsi Suriah di Irak, Jordan dan Libanon.

Pertemuan Liga Arab tersebut berlangsung Selasa (26/3) lalu, secara resmi memberikan “hak” kepada semua negara anggota untuk membantu pejuang Suriah dengan segala cara untuk mempertahankan diri, termasuk bantuan persenjataan. Sebelumnya, pejuang Suriah harus bertempur dengan senjata seadanya membela diri melawan persenjataan lengkap milik rezim tiran Bashar Assad.

Anggota Liga Arab juga memastikan hak negara Suriah untuk mengembalikan Dataran Tinggi Golan, yang dulu diduduki Israel pada tahun 1967.

Dalam perkembangan terbaru, kepemimpinan oposisi Suriah akhirnya mengisi kursi perwakilan Suriah di Liga Arab yang kosong sejak ditangguhkannya keanggotaan Suriah pada Desember 2011. Dalam sambutannya yang penuh semangat, pihak oposisi Suriah juga menuntut agar perwakilan oposisi Suriah menempati kursi di Persatuan Bangsa-bangsa (PBB).

Muaz Al-Khatib, ketua Koalisi Nasional Suriah menekankan sikap tegasnya bahwa masa depan Suriah tidak boleh ditentukan oleh kekuatan-kekuatan asing.

“Kami menuntut adanya kursi perwakilan Suriah di PBB dan organisasi internasional lainnya,” seru Khatib, di hadapan para pemimpin Arab.

Rakyat Suriah sendirilah yang harus menentukan siapa yang akan berkuasa, ujar Khatib, yang pada Senin sebelumnya mengumumkan pengunduran diri yang masih belum disetujui oleh pihak Koalisi.

“Mereka bertanya siapa yang akan berkuasa di Suriah. Biar rakyat Suriahlah yang akan memutuskan, bukan negara lain manapun di dunia,” tandas Khatib, ditengarai merupakan tanggapan atas tudingan sembarangan pihak rezim Assad di Damaskus bahwa pejuang Suriah sedang menjalankan agenda Qatar dan Arab Saudi.

Sumber : Islamedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *