Mengejutkan! Berbumbu Babi, Fakta Ini Membuat Muslim Harus Berpikir Ulang Makan Di Solaria

LPPOM MUI

LPPOM MUI

Lembaga pengkajian pangan, obat-obatan. dan kosmetik (LPPOM) MUI Balikpapan menemukan bumbu yang digunakan Solaria di Balikpapan Plaza mengandung babi. Sehingga sebagian produk yang dijual di restoran itu dinyatakan tidak halal.

Temuan LPPOM MUI Balikpapan itu didasarkan pada hasil uji laboratorium yang sudah dilakukan sejak sebulan lalu. “ Ini sudah terbukti berdasarkan pemeriksaan laboratorium. Sebulan lalu kami periksa dan hasilnya kemarin, itu sudah dibuatkan dokumen khusus oleh dinas pertanian karena ada timnya di sana,” ujar Sekretaris MUI Balikpapan, Jailani, Selasa (24/11/2015).

Resto Solaria

Resto Solaria

“Kami sudah buat berita acaranya dan hari ini akan kami laporkan kepada Bapak Wali Kota Balikpapan untuk diambil tindakan. Sedangkan LPPOM MUI Kaltim akan melaporkan hal ini ke BPOM MUI Pusat,” tambahnya.

Jailani menuturkan, bumbu berbahan babi itu sudah diakui digunakan oleh pegawai Solaria Balikpapan. “ Bumbu-bumbu itu diakui pegawai Solaria didatangkan semua dari Jakarta,” ucapnya.

Sertifikasi halal yang dikantongi Solaria sendiri diterbitkan oleh MUI Pusat. “Kami tunggu saja selanjutnya proses ini. Sementara ini kami hanya bisa mengimbau agar masyarakat berhati-hati berkaitan terhadap makanan yang bercampur bahan yang tidak halal,” ujar Jailani

Logo Halal MUI

Logo Halal MUI

Sementara pantauan di Plaza Jalan Sudirman, Solaria di sana masih buka seperti biasa. Terdapat sekira sembilan pengunjung yang datang untuk makan di restoran itu.

Penanggungjawab Solaria Balikpapan, Iis menolak menjelaskan penemuan bahan mengandung babi itu. Ia mengaku tak tahun soal bumbu tersebut.

“Semua bahan itu dari pusat, kami tinggal gunakan. Tapi kan di sana juga sudah ada sertifikat halalnya,” katanya.

Source : news.okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *