TANGO DOWN: Kelompok Hacker Anonymous Menghapus Israel Dari Internet

AFP Photo / Gabriel Bouys

Serangan masif yang dijanjikan kelompok peretas (hacker) Anonymous terhadap situs internet Israel pada tanggal 7 April 2013 telah berhasil membuat banyak website Israel tidak dapat diakses atau di-deface dengan halaman yang memuat slogan-slogan anti Israel. Operasi yang dinamakan #OpIsrael ini bertujuan untuk menghapus Israel dari dunia internet, sebagai bentuk solidaritas terhadap bangsa Palestina yang masih mereka jajah.

Berikut beberapa laporan jatuhnya beberapa situs Israel dan bahkan informasi-informasi rahasia seperti database, password, email dan lain-lain.

  • Surat kabar Haaretz mengatakan hampir 19.000 akun Facebook Israel telah diserang oleh hacker berafiliasi dengan Anonymous.
  • Beberapa situs official pemerintah Israel seperti www.imi-israel.com/ atau www.cbs.gov.il/engindex.htm atau bahkan website Ministry of Defence (mod.gov.il)  dan lain-lain tidak dapat diakses (7 April 2013 pukul 21:52 WIB)
  • Sebuah kelompok yang berafiliasi Anonymous mengidentifikasi dirinya sebagai “N4m3le55 Cr3w” mengumumkan bahwa mereka “telah mengumpulkan 600 situs dan 100 server Israel yang akan diserang”. Daftar ini mencakup bank, sekolah, bisnis dan sejumlah situs pemerintah terkemuka.
  • Salah satu screenshot dari website knesset.gov.il yang tidak dapat diakses.

Meski official dari pemerintah Israel mengatakan bahwa efek dari serangan ini tidak begitu merusak, tetapi tetap saja hingga saat ini beberapa situs penting mereka tidak dapat diakses.

Sedangkan pihak Anonymous menunjukkan dan membuktikan pada Sabtu malam bahwa mereka telah menutup beberapa situs pemerintah termasuk Kantor Perdana Menteri, Israel Efek Otoritas, Kementerian Penyerapan Imigran dan Biro Pusat Statistik, namun pemerintah membantah klaim, Haaretz melaporkan.

Laporan dari Haaretz, para hacker juga merilis daftar alamat email dan nomor kartu kredit, kabarnya diangkat dari katalog online Israel Militer, bisnis milik swasta yang menjual kelebihan militer. Tetapi para pejabat militer Israel menyangkal bahwa informasi yang dipublikasikan tidak datang dari situsnya.

Sementara itu, seorang pejabat dari gerakan Hamas memuji serangan itu.

“Tuhan memberkati pikiran dan upaya tentara pertempuran elektronik,” tulis Ihab Al-Ghussian, kepala juru bicara pemerintah Gaza, di halaman Facebook resminya, AP melaporkan.

Dalam pesan video yang diposting di YouTube, Anonymous mengatakan bahwa :

“Pada tanggal 7 April elit skuadron cyber  dari seluruh dunia telah memutuskan untuk bersatu dalam solidaritas dengan rakyat Palestina melawan Israel sebagai satu kesatuan untuk mengganggu dan menghapus Israel dari dunia maya.”

Mengatasi pemerintah Israel, kelompok tersebut menyatakan:

“Anda TIDAK berhenti melakukan pelanggaran HAM yang tak ada habisnya. Anda TIDAK berhenti membangun pemukiman ilegal. Anda TIDAK menghormati gencatan senjata. Anda telah menunjukkan bahwa Anda TIDAK menghormati hukum internasional. “

Berikut beberapa kicauan twitter terkait #OpIsrael yang melaporkan secara langsung ketika situs-situs Israel down.

 

 

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *