Video Ditembaknya Syaikh Al Buthy Hingga Syahid

Kematian Syaikh Muhammad Said Ramadhan Al Buthi masih menyisakan kesedihan mendalam di dunia Islam, pun sebab kesyahidannya masih menjadi misteri. Beliau – semoga Allah SWT merahmatinya – gugur di Masjid Iman, Damaskus pada hari Kamis 21 Maret 2013 lalu.  Masjid tersebut berada di lingkungan ibukota Mazra’a, di utara pusat kota Damaskus Suriah.

Banyak dugaan terkait kematian ulama yang terkenal dengan Figh Sirah-nya itu, ada yang menyebut disebabkan oleh bom bunuh diri, versi lain diduga bahwa pelakunya adalah rezim Assad sendiri yang dikenal kejam, bukan oleh mujahidin Suriah.

Dan hari ini video ditembaknya Syaikh Al Buthy setelah detik-detik terjadinya ledakan di masjid Al Iman Damaskus, Suriah tersebut beredar di Youtube. Diunggah oleh pengguna bernama “Jabhat Al Nusrah” pada tanggal 8 April 2013. Video ini menggambarkan situasi kejadiannya sebagai berikut secara kronologis:

Syeikh Sa’id Ramadhan Al-Buthy sedang mengisi sebuah kajian dengan sebuah mic di hadapannya. Kemudian terjadi secara tiba-tiba sebuah ledakan di hadapannya, Al-Buthy terluka tapi masih bisa menggerakkan tubuhnya seraya kesakitan. Tidak lama setelah itu, datang seorang laki-laki mendatangi Al-Buthy yang sedang kesakitan, tidak jelas apa yang dilakukan laki-laki tersebut karena posisinya membelakangi dan menghalangi kamera.

Tidak lama kemudian laki-laki tersebut langsung pergi. Selanjutnya tampak bahwa di kepala sebelah kiri Al-Buthy terdapat luka seperti luka tembakan, darah terlihat mengalir dari luka tersebut. Setelah itu Al-Buthy tidak bergerak sama sekali seperti sesaat setelah kejadian ledakan.

Pengunggah video ini menduga bahwa Al-Buthy sebenarnya dibunuh oleh tembakan laki-laki itu yang ingin memastikan bahwa Al-Buthy sudah berhasil dibunuh atau belum. Laki-laki tersebut diduga seorang agen Assad, karena kejadian berada di masjid yang berlokasi di daerah kekuasaan Assad. Setelah itu berdatangan beberapa laki-laki yang sepertinya ingin menolong Al-Buthy yang sudah syahid.

Berikut video ditembaknya Syaikh Al Buthy yang didapat dari Youtube.

source : Islamedia dan Youtube

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *